Minggu, 18 April 2010

PENGERTIAN ALGORITMA

Pengertian algoritma secara komputer dan matematika, algoritma adalah kumpulan dari perintah untuk menyelesaikan suatu masalah.

Menurut buku anany levitin tahun 2003 yang berjudul "introduction to the design and analysis of algorithms" algoritma adalah deretan instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah,yaitu untuk memproleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbatas.

Perintah-perintah atau masalah-masalah yang dihadapi dapat di proses dengan cara diterjemahkan dan dieksekusi secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah boleh apa saja tapi harus mempunyai kriteria awal yang harus di penuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma ada juga yang mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai atau berakhir.

Desain dan analisis algoritma adalah suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari implementasi algoritma tersebut.dalam cabang disiplin algoritma di pelajari secara abstrak.algoritma yang berbeda dapat di gunakan pada masalah yang memiliki kriteria yang sama.

contoh langkah pengisian pulsa kartu prabayar:
1. Tekan *900 lalu tekan tombol untuk menelepon.
2. Setelah itu terdengar suara operator yang mempersilahkan kita untuk memasukkan
kode pulsa yang ada di kartu prabayar.
3. Masukkan digit yang ada di kartu prabayar.
4. Kemudian terdengar kembali suara operator yang memyuruh kita tekan 1 untuk
konfirmasi pulsa.
5. Setelah selesai akhiri dengan menekan tombol merah pada Hp.
6. cek pulsa apakah pulsa sudah terisi.

Contoh langkah-langkah menghidupkan komputer:
1. Pastikan komputer terhubung dengan listrik
2. Tekan tombol power pada monitor dan CPU
3. Tunggu proses booting pada komputer
4. setelah selesai komputer isap di pakai

0 komentar:

Posting Komentar