Program dan Pemrograman

Komputer adalah alat Bantu untuk menjalankan perintah-perintah di dalam algoritma yang telah “ di masukkan” ke dalamnya.Agar computer mengerti perintah yang dimaksudkan atau yang di proses di dalam mesin,maka perintah tersebut harus di tulis dengan bahasa yang mudah di pahami oleh semua computer.
Algoritma yang memiliki bahasa khusus disebut dengan bahasa computer dan untuk bahasa yang memiliki bahasa program yang biasa di gunakan dalam proses suatu computer adalah bahasa program.bahasa ini membantu mempermudah kerja computer dalam menterjemahkan bahasa kepada user.
Untuk Bahasa yang digunakan computer untuk menulis program disebut juga bahasa pemrograman.
Orang yang membuat suatu program komputer adalah pemrograman dan kegiatanya di sebut juga dengan pemrograman.


Input device adalah alat yang memasukkan data ke dalam prosesor untuk diproses
Prosesor adalah suatu tempat dimana prosesor ini berfungsi untuk mengerjakan perintah-perintah dasar yang di masukkan oleh piranti masukkan.
Output device adalah hasil dari pemrosesan dimana hasil itu akan di tampilkan mealu kinerja suatu program lewat tampilan atau grafik.

Generasi bahasa pemrograman “
a. Generasi I: machine language
b. Generasi II: assembly language : Asssembler
c. Generasi III: high-level programming language: C, PASCAL, dsb.
d. Generasi IV: 4 GL (fourth-generation language): SQL

Langkah-langkah dalam pemrograman komputer:
a. Mendefinisikan masalah (hukum Murphy oleh Henry Ledgard)
b. Menemukan solusi agar mudah membuat algoritmanya
c. Memilih algoritma yang cocok untuk masalah diatas
d. Menulis program dengan teliti
e. Menguji program agar diketahui suatu program dapat berfungsi atau tidak
f. Menulis dokumentasi
g. Merawat program